Tidak Cuma Enak,Manfaat Alpukat Juga Banyak

Alpukat adalah jenis buah yang cukup terkenal karena mengandung banyak nutrisi seperti halnya lemak tak jenuh seri tunggal yang tentunya tidak berbahaya bagi kesehatan. Selain lemak baik, alpukat juga mengandung vitamin A, B, C, E dan K serta karbohidrat, protein, asam folat dan magnesium. Lalu apa saja manfaat alpukat yang bisa Anda dapatkan?

Tidak Cuma Enak,Manfaat Alpukat Juga Banyak

Manfaat Alpukat untuk kesehatan tubuh

Sebelum menjelaskan manfaat alpukat, bagi Anda yang mendapati bahwa alpukat belum matang, Anda harus menunggu 4-5 hari agar alpukat matang dengan sempurna. 

Namun, jika Anda ingin mempercepat kematangan, masukkan ke dalam kantong plastik bersama dengan buah-buahan lain seperti apel atau pisang.

Tampilan hitam atau ungu gelap disertai dengan sedikit pelunakan saat ditekan, yang menunjukkan bahwa alpukat sudah matang. Pada titik ini, alpukat siap dimakan.

Berikut adalah sifat-sifat alpukat yang bisa Anda dapatkan, termasuk:

1. Tingkatkan kolesterol baik

Tingkat lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Meskipun manfaat alpukat dapat diperoleh dari kandungan lemak yang baik di dalamnya, Anda tidak harus menggunakannya secara berlebihan.

Alpukat kaya akan sterol tumbuhan, senyawa yang telah terbukti menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya ke dalam aliran darah. Manfaat alpukat juga penuh dengan vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, magnesium, vitamin C, asam folat, dan seng. Selain itu, sifat-sifat alpukat lain juga terpengaruh karena kandungan kalium yang dikandungnya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat alpukat, terutama orang dewasa yang mengkonsumsinya, mungkin lebih sehat daripada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Orang yang mengonsumsi alpukat biasanya memiliki pola makan yang sehat, seperti B. Makan sayur dan makan makanan rendah gula.

Ini mempengaruhi stabilitas berat badan, ukuran pinggang dan indeks massa tubuh. Manfaat alpukat juga baik untuk metabolisme tubuh, mengurangi risiko diabetes.

3. Jaga gula darah stabil

Manfaat alpukat selanjutnya adalah kemampuannya menstabilkan kadar gula darah untuk melawan resistensi insulin. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi setengah alpukat untuk makan siang merasa kenyang lebih lama dan ingin makan lebih sedikit setelahnya.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian menemukan bahwa lemak tak jenuh dalam alpukat dapat menurunkan risiko penyakit jantung lebih baik daripada hanya asupan lemak.

Pola makan yang berfokus pada lemak tak jenuh tunggal secara efektif mencegah sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan masalah jantung dan stroke.

5. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat alpukat jarang diketahui banyak orang. Padahal, alpukat bermanfaat untuk menguatkan rambut Anda. Bagaimana cara menggunakannya Campur alpukat yang sudah dikupas dengan minyak jojoba.

Kemudian oleskan secara merata ke semua rambut yang dicuci di semua bagian rambut. Tutupi kepala Anda dengan shower cap selama 15 hingga 30 menit untuk mendapatkan manfaat alpukat maksimum. Lalu bilas sampai bersih.

6. Mencegah kanker

Satu studi menemukan bahwa manfaat alpukat dianggap membantu mencegah kanker. Manfaat alpukat bekerja di sini dengan mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit. Penelitian lain bahkan menunjukkan bahwa ekstrak alpukat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan dalam sel yang terisolasi dan tidak serta merta membuktikan apa yang mungkin terjadi pada manusia.

7. Menghilangkan gejala radang sendi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak alpukat dan minyak kedelai yang disebut alpukat kedelai tidak dapat disabunkan (ASU) dapat mengurangi osteoartritis.

Campuran kedua bahan tersebut dikatakan dapat meredakan rasa sakit dan umumnya memiliki efek positif pada penderita osteoartritis. Pada akhirnya, manfaat alpukat untuk pengobatan adalah kemampuan untuk mengatasi radang sendi sampai titik kekakuan tulang.