Harga Kubah Masjid Agung Kota Banjar

December 30, 2019 Uncategorized  No comments

Ada begitu banyak sekali nama tempat di Indonesia yang menggunakan nama awalan Banjar, Banjar yang akan kita bahas kali ini merupakan salah satu Kota yang cukup terkenal yakni Banjar yang mana,Kota Banjar ini merupakan Kota Otonom di Provinsi Jawa Barat. Secara geografis, Kota Banjar ini merupakan salah satu wilayah provinsi Jawa Barat yang terletak paling ujung timur, berbatasan langsung dengan kabupaten Cilacap yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota Banjar merupakan Daerah Otonomi yang dibentuk sekitar tahun 2002 Berdasarkan undang-undang nomor 27 Tahun 2002, sebelumnya kota Banjar ini merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis.

Di pusat kota Banjar terdapat sebuah Masjid Agung yang mana ternyata masjid ini mempunyai atap berupa Kubah Masjid Galvalum yang snagat kokoh nan indah,sejatinya masjid ini sudah berdiri kokoh sejak tahun 1950, letaknya sangat persis dan berada di tengah tengah Kota Banjar diapit oleh tiga ruas jalan utama yakni Jalan Masjid Agung yang membentang di sisi utaranya, Jalan Perintis kemerdekaan di sisi selatan dan Jalan Letjen Suwarto (Jalan Raya Banjar-Pangandaran) yang membentang di sisi timur. Masjid Agung Banjar ini berada di lokasi yang sama atau menyatu dengan alun alun kota Banjar yang berada di sisi sebelah timur bangunan masjid.

Untuk membedakan-nya dengan Banjar Banjar yang lain di Indonesia, Kota Banjar ini seringkali disebut dengan Kota Banjar Patroman (dari kata Banjar Pataruman). Wilayah kota Banjar ini secara alamiah terbagi menjadi dua oleh sungai Citanduy yang mengalir dan berada di tengah tengah wilayah kota Banjar, dan karena letak geografisnya juga, kota Banjar menjadi jalur darat utama penghubung antara Ciamis dan daerah lainnya menuju ke objek wisata Pantai Pangandaran di pantai selatan pulau Jawa.

Harga Kubah Masjid Agung Kota Banjar

Masjid Agung Kota Banjar ini terdiri dari bangunan utama dua lantai ditambah dengan satu bangunan Menara yang berada tepat di bagian sudut tenggara bangunan masjid. Lantai dasar Masjid digunakan sebagai Pusat Dakwah Islam (Pusdai) di sisi selatan dapat diakses dari ruas jalan Perintis Kemerdekaan dan Pusat aktivitas Majelis Wanita Islam Banjar di sisi utara dari ruas jalan Masjid Agung..

Sebenarnya masjid agung Kota Banjar ini merupakan sebuah tempat seakan akan terlihat sangat indah dengan bangunan besar yang kokoh dan juga detail ornamen yang semuanya itu tersebar di seluruh bagian bangunan utama masjid maupun bagian luar masjid. Keberadaan dua menara yang menjulang tinggi yang berada di sudut sayap kanan dan kiri bangunan juga semakin memperkuat kemegahan rumah ibadah tersebut.

Bagian dalam bangunan masjid Agung Kota Banjar  ini juga telah banyak dihiasi oleh ornamen-ornamen khas Agama Islam dan juga terdapat sebuah kaligrafi yang seluruhnya telah menyebar pada setiap sudut bangunan masjid ini.

Untuk bagian ruang sholat masjid Agung Banjar ini secara garis besar langsung terhubung secara langsung hingga ke pusat alun alun kota Banjar yang hampir seluruh permukaannya sudah dikeramik dan dihiasi dengan berbagai macam aksesoris pendukung lainnya.

Sebuah tangga beton ditempatkan disisi timur masjid ini menghubungkan lantai dua masjid ke alun alun. Area alun alun yang sudah dikeramik ini juga berfungsi sebagai pelataran masjid atau area sholat tambahan pada saat Jemaah tidak tertampung seluruhnya di dalam ruangan masjid.

Bangunan kubah yang dipilih untuk masjid ini juga termasuk kubah jenis panel enamel. Jenis kubah tersebut dibuat dari plat baja karbon ringan dari jenis spcc-sd. Dengan kata lain sphc yang keduanya mempunyai ciri yang mirip dengan karakteristik enamel. Kubah jenis ini mempunyai ketebalan antara 0,7 mm sampai 1,2 mm. Hal tersebut disesuaikan terhadap luas media panelnya sendiri.

Harga Kubah Masjid Agung Kota Banjar

Sementara bila kita sedikit mengacu pada bahan terutama pada bagian kubah terdiri atas bahan yang terbuat dari enamel, maka sejumlah pihak kontraktor akan mulai berpikir keras dan juga sedikit memperkenalkan tentang bahan enamel produksinya untuk kubah masjid.

Kelebihan yang dimiliki oleh kubah masjid dari bahan enamel ini ternyata juga membuat banyak pengurus masjid mulai tertarik ingin beralih pada bahan ini untuk kubah masjidnya. Bukan Cuma itu saja, warna yang sangat mencolok pada kubah enamel juga menjadi pertimbangan untuk memilih kubah enamel sebagai pelengkap bangunan masjid mereka.

Pada tempat wudhu juga sudah didesain sangat unik yakni (melingkar) yang menjadi daya tarik para pengunjung yang hendak berwudhu disini. Jika umumnya masjid menggunakan desain tempat untuk berwudhu dengan deretan kran yang memanjang ke samping.

Hal ini tidak terjadi di masjid ini. Karena tempat wudhu masjid ini mempunyai bentuk yang unik berbentuk melingkar dan terdapat juga tempat untuk meletakkan peci atau kopyah di atasnya. Tempat wudhu ini juga dibangun dengan ukuran yang sangat luas dan mempunyai puluhan kran wudhu.

Dari seluruh keindahan tersebut, harus diakui bahwa hal yang paling menyita perhatian adalah pada bagian plafon yang mana plafon tersebut terletak pada ruangan utama masjid,yang mana plafon tersebut nampak cantik dan mengikuti bentuk kubah. Goresan khas garis-garis tribal terlihat sangat kontras dan terlihat sangat tajam,dengan tambahan lampu gantung berbentuk kristal yang memberi kesan sangat mewah.

Kolaborasi antara keindahan bangunan masjid, dan juga makam para leluhur kota Banjar, serta juga berbagai macam aktivitas yang tak pernah sepi dari peziarah membuat suasana masjid ini begitu hidup dan sangat layak dijadikan salah satu destinasi wisata religi di Jawa  Barat.

Masjid ini bukan sekedar tempat yang cuma untuk dikunjungi para jamaah saja,yang kebanyakan dari mereka ini ingin melakukan ibadah shalat serta ingin mengetahui pula keindahan masjid ini.

Di satu sisi para jamaah ini datang jauh-jauh dari berbagai sudut Kota hanya yang ingin berziarah ke makam para leluhur saja,namun juga akan belajar sejarah dan mengetahui seluk beluk Kota Banjar dari masa ke masa. Jadi, jika Anda hendak berziarah kesini, tidak perlu khawatir untuk mencari waktu yang paling tepat.

Karena setiap waktu masjid ini selalu terbuka untuk siapa saja yang ingin beribadah dan juga melakukan ziarah ke makam leluhur Kota Banjar sekaligus juga napak tilas sejarah ke masjid ini. Namun biasanya masjid ini akan sangat ramai dikunjungi ketika malam Senin (minggu malam). Hal itu karena tepat dengan acara istighosah yang digelar oleh takmir masjid tersebut serta ada acara berupa Baksos islami pula.

Suasana religius dan juga kesan kemewahan pada setiap sudut bangunan masjid agung kota banjar ini juga terasa sangat segar dan indah untuk dipandang. Hal ini terpancar karena hampir di semua bagian serta sudut bangunan pada bangunan masjid ini telah dihiasi dengan berbagai macam penggalan dari Ayat-Ayat Al-Qur’an serta terdapat pula sebuah hiasan kaligrafi berupa Asmaul husna yang semuanya terbuat dari ukiran tangan yang nampak begitu indah.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>